BELAJAR, BERSAMA RUMAH BELAJAR

 

BELAJAR, BERSAMA RUMAH BELAJAR

Perkembangan teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang cepat. Hampir di setiap segi kehidupan tidak terpisahkan dari teknologi. Pengguna teknologi (internet) dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, termasuk di Indonesia mencapai 175,4 Juta jiwa menggunakan internet dengan penetrasi mencapai 64 persen (tekno.kompas.com; 2020).

 Selain itu, dengan adanya pandemi covid 19 ditambah kemajuan teknologi, maka berbagai aktivitas kehidupan mengalami pergeseran seperti adanya jual beli online, taksi online, bekerja dari rumah (WFH), pembelajaran jarak jauh (pembelajaran online) dan sebagainya. Semua aktivitas tersebut sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi internet.

Demikinan juga hal nya di dalam dunia Pendidikan. Pemanfaatan internet semakin meluas mulai dari mencari referensi sumber belajar, penggunaan kelas maya (pembelajaran dalam jaringan internet), pemanfaatan media pembelajaran dan komunikasi. Kini, pendidik dan peserta didik  dapat memanfaatkan layanan dari portal rumah belajar dalam kegiatan pembelajaran. Layanan dari pemerintah berupa pembagian kuota gratis untuk belajar dapat dimanfaatkan untuk mengakses portal rumah belajar

Apa itu portal rumah belajar?

Rumah Belajar merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juni 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik mulai jenjang Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/SMK).

Portal Rumah belajar  dengan alamat  https://belajar.kemdikbud.go.id/, sebagai sumber dan media pembelajaran yang mudah diakses dengan jargon: “Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja”. Hal ini memudahkan peserta didik dan pendidik dalam mencari referensi dan informasi sumber belajar. Apalagi, saat ini sudah ada dalam bentuk aplikasi portal rumah belajar yang bisa diinstalkan pada gawai.

Fitur-fitur di dalam rumah belajar tersedia dalam fitur utama seperti sumber belajar, kelas maya, laboratorium  maya, dan bank soal. Adapun fitur pendukung meliputi Peta Budaya, Buku Sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya Bahasa dan sastra, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan edugame.

 Fitur Utama Portal Rumah Belajar


                                               https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

1. Sumber Belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan. Fitur Sumber belajar menyediakan konten-konten sumber pembelajaran yang mudah diakses oleh pendidik dan peserta didik  mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA/SMK. materi yang terdapat di dalam sumber belajar ini dapat dimanfaatkan secara online maupun offline



                                                 https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya            

2. Kelas Maya merupakan Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. Di era digital dan keadaan pandemi seperti saat ini, di mana ada pembatasan pertemuan secara tatap muka, maka kelas maya hadir menjadi salah satu alternative pembelajaran dalam jaringan (online) tanpa tatap muka. Di dalam kelas maya ini, memungkinkan terjadinya kegiatan pembelajaran secara sinkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard) dan asinkronous (unduh materi dan unggah tugas).

 

   https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/

3. Laboratorium Maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Laboratorium maya hadir memberikan solusi bagi sekolah yang belum memiliki laboratorium atau bahkan bagi sekolah yang sudah memiliki laboratorium. Bisa digunakan oleh peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Pemanfaatan praktikum di laboratorium maya ini meliputi praktikum mata pelajaran Ilmu Pengetahun Alam (biologi, Fisika, dan Kimia) dan matematika untuk kategori SMP dan SMA/SMK.

 


 
                                                      https://banksoal.belajar.kemdikbud.go.id/

4. Bank Soal merupakan Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar dan jenjang pendidikan mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. Melalui fitur bank soal ini, pendidik dapat membuat soal-soal Latihan sebagai bahan evaluasi. Selain itu, dapat melatih peserta didik dalam mengerjakan ujian online atau ujian berbasis computer.  

 Inilah fitur utama yang terdapat di dalam portal rumah belajar. Yang bisa dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Dalam hal ini, peran guru tidak mungkin tergantikan dengan teknologi. Namun, teknologi hadir membantu memudahkan tugas-tugas profesional seorang guru. Semangat!

 sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id/

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini